ANTISIPASI BANJIR SAAT HUJAN

    high-water-123192_960_720

    Hujan setiap harinya selalu hadir tanpa pernah bosan. Sebenarnya hal tersebut patut kita syukuri mengingat hujan merupakan rahmat Tuhan. Katanya jika hujan turun berarti Tuhan sedang menurunkan rezekinya. Namun belakangan hujan menjadi semacam ujian terhadap masyarakat. Karena intensitas turunnya hujan sudah melebihi daya tampung kota sehingga menyebabkan terjadinya banjir. Kita pasti resah dengan banjir yang menerpa. Kita juga pasti mencari cara untuk mengantisipasi banjir. Mari kita berpikir sejenak untuk memecahkan masalah banjir ini.

    Kalau saja kita mau bergerak untuk mengantisipasi terjadinya banjir ada dua cara yang bisa dibilang sangat mudah. Yang pertama yaitu dengan menjaga drainase agar tetap berfungsi sebagaimana mestinya. Hindari membuang sampah ke dalam saluran pembuangan tersebut agar air hujan yang turun bisa mengalir lancar melalui tatanan drainase kita. Upayakan gotong royong minimal seminggu sekali untuk membersihkan parit-parit di lingkungan kita.

    Yang kedua dengan memelihara dan membuat sebanyak-banyaknya daerah resapan. Hal tersebut bertujuan agar air hujan yang jatuh dapat terus meresap untuk menghindari terjadinya genangan. Selain dapat menampung air hujan agar tidak tergenang daerah resapan ini juga berfungsi sebagai air cadangan ketika musim kemarau tiba. Dengan adanya daerah resapan tersebut akan memungkinkan terjaganya kelembaban tanah selama musim kemarau tiba.

    Dua langkah di atas dapat kita terapkan saat ini juga. Demi antisipasi banjir di tengah musim hujan yang menerpa. Semoga hujan yang turun setiap hari menjadi pelancar rezeki kita. Amin.