MAKANAN DAN MINUMAN YANG DILARANG BAGI PENDERITA MAAG

    ketahui-ciri-ciri-sakit-maag-bermacam-macam-penyebabnya

    Penyakit maag merupakan penyakit umum yang kerap menjangkit sebagian besar orang. Penyakit maag timbul disebabkan adanya luka di bagian lambung yang membuat rasa sakit. Bagi penderita maag, ada beberapa makanan atau minuman yang sangat tidak dianjurkan untuk dikonsumsi, antara lain sebagai berikut.

    1. Hindari makanan pedas. Mengkonsumsi makanan pedas diyakini dapat memperburuk kondisi maag. Untuk itu bagi penderita maag dianjurkan untuk menghindari cabai, paprika, merica atau rempah-rempah yang kuat lainnya.
    2. Alkohol dan kafein yang diserap oleh tubuh cenderung meningkatkan keasaman pada lambung. Oleh karena itu penderita maag dilarang untuk mengkonsumi minuman beralkohol dan berkafein untuk mencegah kambuhnya penyakit maag.
    3. Kecap dan garam dengan dosis tinggi juga dapat meningkatkan risiko sakit maag. Bagi penderita maag dianjurkan untuk menghindari asupan kecap dan garam terlalu banyak, atau dapat memilih garam dengan sodium yang lebih rendah.
    4. Hindari mengkonsumsi obat anti-inflamasi
    5. Jangan mengkonsumi permen karet. Karena sering mengunyah permen karet akan mengundang dan merangsang produksi asam lambung.
    6. Hindari makanan panas, dan hindari pula makanan yang terlalu dingin. Maka konsumsilah makanan dan minuman dengan suhu normal.

    Makanan dan minuman tinggi lemak, makanan yang terlalu manis, makanan digoreng yang terlalu banyak mengandung minyak, dan makanan asam sangat tidak dianjurkan bagi penderita maag. Hal itu berkaitan dengan sistem pencernaan, agar dapat bekerja lebih baik.