MERAYAKAN KEMERDEKAAN

    2503224501_9ed421f755_b

    17 Agustus 1945 diperingati sebagai hari kemerdekaan Republik Indonesia. Hari ini, tepatnya tanggal 17 Agustus 2016 berarti 71 tahun negeri ini sudah merdeka. Secara turun-temurun setiap daerah memiliki caranya masing-masing dalam merayakan peringatan kemerdekaan. Dapat dikatakan yang paling populer adalah mengadakannya macam-macam perlombaan. Hal ini untuk mengenang dan mengajarkan kepada para peserta lomba (yang notabene kebanyakan anak-anak) akan arti sebuah perjuangan. Dalam setiap kompetisi, pertarungan, dan perjuangan diperlukan semangat yang membara tak ada habisnya untuk mencapai kemenangan. Tentu saja dengan memperhatikan dan menjunjung tinggi nilai-nilai kebenaran dan kejujuran. Nilai inilah yang diharapkan akan mendarah-daging bagi peserta dalam kehidupan nyata.

    Selain perlombaan ada juga himbauan masing-masing kepala daerah kepada seluruh masyarakat agar memasang bendera di depan rumah mulai 14 Agustus hingga 18 Agusutus. Sekolah, kampus, kantor abdi negara sudah pasti melaksanakan upacara sejak pagi. Menyaksikan pembacaan teks proklamasi, menyanyikan lagu Indonesia Raya saat bendera hendak dikibarkan. Dan tak lupa mengheningkan cipta sejenak untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah gugur di medan juang.

    Pertanyaannya apakah memang sungguh kita telah merdeka? Apakah hanya dengan memperingati dan mengheningkan cipta kita telah menghargai jasa-jasa para pahlawan yang menumpas penjajah demi merampas kemerdekaan? Adakah yang luput dari mata kita? Misalnya seorang pahlawan yang kini hidupnya hanyalah di sebuah gubuk reot? Pahlawan yang kini tubuhnya ringkih tinggal tulang? Maka merdeka ini milik siapa?